Aryo Blog

Kehidupan Sehari-Hari

Cara Daftar Menjadi Driver Grab Bike

Cara Daftar Menjadi Driver Grab Bike

Menjadi driver grab baik Grab Car maupun Grab Bike sangatlah mudah. Ada dua cara untuk mendaftar yaitu secara online maupun secara offline. Untuk secara online anda bisa mendaftar melalui aplikasi Grab saja, lalu ikuti langkah selanjutnya. Untuk secara offline anda bisa melalui agen Grab terdekat di kota anda. Paling nyaman melalui GDC (Grab Driver Center).

Karena saya adalah driver grab bike, saya akan menjelaskan cara mendaftar Grab Bike saja karena hal itu yang saya ketahui. Meskipun untuk mendaftar metode dan persyaratannya hampir sama saja.

Yang perlu anda perhatikan adalah beberapa kota telah menutup pendaftaran baru untuk driver Grab, jadi anda perlu mengkonfirmasikan dahulu kepada Customer Service apakah wilayah yang anda tuju masih membuka lowongan driver Grab.

Persyaratan Mendaftar

Baik mendaftar secara online maupun offline ada beberapa persyaratan yang harus dilampirkan, yaitu:

1. SIM, KTP dan Kartu Keluarga

KTP Syarat Grab
copyright: Grab

SIM dan KTP harus masih berlaku, biasanya KTP ada yang belum jadi bisa melampirkan Surat Keterangan (Suket). Beberapa wilayah menentukan anda harus warga wilayah setempat, contoh anda ingin menjadi driver Grab Yogyakarta maka KTP anda harus berasal dari DI Yogyakarta dan sekitarnya. Namun tidak semua wilayah mensyaratkan hal ini.

2. SKCK dan STNK

STNK Syarat Grab
copyright: Grab

Untuk SKCK dan STNK juga harus masih dalam keadaan berlaku. Khusus SKCK harus dicap basah oleh Polres/Polsek setempat. STNK juga harus sesuai dengan nama Driver Grab. Solusi jika tidak sama, dengan melampirkan surat keterangan kuasa penggunaan kendaraan oleh yang bersangkutan.

3. Foto

Profil Grab Bike
copyright: Grab

Foto yang dipersyaratkan adalah foto dengan background putih polos atau menggunakan background Grab yang tersedia di Agen pendaftaran atau GDC , tidak memakai aksesoris apapun seperti kacamata atau topi, foto tidak miring, dan wajah terlihat dengan jelas.

BACA JUGA  Pengambilan Atribut Grab Bike

4. Memiliki Ponsel Android atau Iphone Dengan Spesifikasi Tertentu

Grab Bike Tema
copyright: Grab

Ponsel tentunya akan menjadi modal utama anda selain motor jika ingin mendaftarkan diri sebagai ojek online. Untuk Android minimal RAM yang dibutuhkan adalah 1Gb dan Iphone dengan spesifikasi minimal Iphone 5. Pilihlah ponsel yang sudah support jaringan 4G, meskipun ini bukan suatu keharusan namun sinyal 4G yang tergolong cepat dibanding 3G bisa membantu anda mendapatkan orderan.

Selain itu anda masih berada dalam umur yang diperbolehkan, dalam keadaan sehat jasmani dan rohani serta kendaraan motor yang disyaratkan (ada yang maksimal tahun 2010 dan ada yang maksimal tahun 2011).

Setelah semua selesai anda akan menerima SMS konfirmasi dalam 1 x 24 jam data anda diterima atau tidaknya. Biasanya jika ada kekurangan akan ada pemberitahuan selanjutnya. Jika lolos anda akan menerima pemberitahuan untuk online ataupun offline training.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *